Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) merupakan ajang kompetisi tingkat nasional pada bidang ilmu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Seleksi tahap 1 dilakukan di perguruan tinggi masing-masing. Sedangkan seleksi tahap 2 atau wilayah dilaksanakan serentak di 14 wilayah yang mencakup 34 provinsi. Universitas Terbuka termasuk dalam Wilayah III.

Bidang ilmu yang dilombakan mencakup Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Pada ON-MIPA tahun 2019 ini, Universitas Terbuka (UT) kembali berpartisipasi di bidang Kimia, Matematika dan Biologi. Setelah lolos di seleksi tahap 1 peserta mengikuti tutorial online selama 1,5 bulan dan camp persiapan di Kantor Pusat UT pada tanggal 16 dan 17 April 2018. Seleksi tingkat Wilayah III dilaksanakan di Fakultas Farmasi Universitas Pancasila, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada tanggal 26 dan 27 Maret 2019.  UT mengirimkan 12 mahasiswa untuk mengikuti kegiatan ini.  Total mahasiswa yang mengikuti seleksi  tingkat Wilayah III adalah 490 peserta.

Pelaksanaan Seleksi dibagi menjadi 2 tahapan ujian, dimana masing-masing tahap memiliki topik yang berbeda. Dalam sehari peserta mengikuti 1 tahapan ujian yang berlangsung selama 180 menit. Selain Universitas Terbuka, ada 24 Universitas lain yang mengirim wakilnya. Diantaranya adalah Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pertamina dan Universitas Pelita Harapan. Meskipun peserta seleksi tingkat wilayah Jabodetabek berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka, namun mahasiswa Universitas Terbuka tetap antusias mengikuti seleksi wilayah ini.

 

Lampiran :

Camp persiapan ON MIPA Hari Sabtu-Minggu Tanggal 16-17 Maret  2019

 

 

Peserta ON-MIPA pada saat seleksi II wilayah III hari Rabu-Kamis Tanggal 26-27 Maret 2019