“All models are wrong, but some are usefull”. Pernyataan dari Goerge E.P Box ini dikutip oleh Prof. Dr. Ir. Wayan Mangku, M.Sc saat mengawali seminar pakar FMIPA UT. Dengan mengambil tema Pemodelan Stokastik untuk Memacu Kemajuan IPTEKS, Prof. Wayan memaparkan pemodelan stokastik yang telah dia kembangkan, yang diharapkan menjadi model yang bermanfaat bagi kemajuan IPTEKS.

Lulusan S2 Applied Mathematics di Curtin University of Technology, Australia dan S3 Mathematics di University of Amsterdam, Belanda ini bercerita tentang salah satu model yang dihasilkan karena termotivasi oleh hasil penelitian Prof. Krzanowski dari University of Reading, Inggris tahun 1975. Penelitian Prof. Kzranowski tentang location model for discriminant and classification tersebut ternyata dapat bermanfaat dalam teknologi kedokteran, yaitu sebagai alat untuk mendeteksi penyakit kanker payudara sehingga diketahui apakah pasien perlu dioperasi atau cukup dengan pengobatan saja. Namun pada suatu saat ada pasien, yang direkomendasikan untuk dioperasi berdasarkan teknologi tersebut, menanyakan seberapa besar peluang kesalahan rekomendasi tersebut. Hal ini belum bisa dijawab oleh dokter karena saat itu belum tersedia model stokastik yang bisa digunakan untuk menduga peluang kesalahan klasifikasi dari location model. Melihat masalah ini, Prof. Wayan dibantu oleh Dr. S. Ganeshanandam dari Curtin University of Technology, Australia menciptakan suatu metode dengan balance bootstrap yang dapat digunakan untuk menduga kesalahan klasifikasi oleh location model.  


Seminar pakar sekaligus kuliah umum bagi mahasiswa UT ini dilaksanakan melalui video conference (vicon) pada tanggal 27 April 2017. Guru besar Departemen Matematika FMIPA IPB ini menyampaikan materi dari UPBJJ-UT Bogor, sedangkan peserta seminar yang hadir di UT Pusat dan 12 UPBJJ-UT kurang lebih sebanyak 90 orang. Seminar ini dimulai pukul 09.30 WIB.

Berita

Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi d...
17 Oct 2017 06:41Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi dan IORA – ICOR 2017

  Kamis, 12 Oktober 2017, FMIPA – UT menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi, bersamaan dengan IORA International Conference on Operations Research (IORA ICOR 2017) [ ... ]

Pemodelan Stokastik Untuk Memacu Kemajuan Ilmu Pen...
05 May 2017 01:52

 “All models are wrong, but some are usefull”. Pernyataan dari Goerge E.P Box ini dikutip oleh Prof. Dr. Ir. Wayan Mangku, M.Sc saat mengawali seminar pakar FMIPA UT. Dengan mengambil tema  [ ... ]