Seperti tahun sebelumnya, FMIPA Universitas Terbuka (UT) kembali berpartisipasi dalam Olimpiade Nasional matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kali ini FMIPA UT mengirimkan 13 mahasiswa Untuk menghadapi seleksi tahap II tingkat wilayah Jabodetabek dan Banten. Tiga belas mahasiswa tersebut adalah Eka Pranita, Andreas Chandra, Andrian Ibnu Faisal, Weni Pratiwi Putri,Shifa Amalia,Sigit Subagja dan Wisnu Riyanto untuk bidang biologi, Poppy Puspitasari mewakili bidang matematika, Amirulina Kwstari, Mia Fachriah, dan Yosua Abednego mewakili bidang kimia, dan Hera Sendrakasih dan Rizqa Istifajah untuk bidang fisika.

Pada pembekalan yang dilaksanakan pada hari Sabtu 18 Maret 2017, Peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan masing-masing didampingi dosen FMIPA UT pusat berdasarkan bidang keahliannya. Dalam pembekalan tersebut, pada peserta antusias mendiskusikan soal-soal ON MIPA tahun sebelumnya. Seleksi tahap II Tingkat Wilayah dilaksanakan di Universitas Borobudur pada 22 dan 23 Maret 2017 berjalan dengan lancar. Total mahasiswa yang mengikuti seleksi adalah 431 peserta yang tersebar dalam 4 bidang peminatan. Selain Universitas Terbuka, ada 18 Universitas lain yang mengirim wakil nya. Pelaksanaan seleksi dibagi menjadi 4 tahapan ujian, dimana masing-masing tahap memiliki topik yang berbeda.

Kita harapkan hasil terbaik dari para peserta dan semoga dapat memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam berkompetisi. Jadi, siapa lagi yang siap menjadi duta UT untuk ONMIPA tahun depan? (FMIPA UT/ Uut-Heny).

 

Berita

Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi d...
17 Oct 2017 06:41Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi dan IORA – ICOR 2017

  Kamis, 12 Oktober 2017, FMIPA – UT menyelenggarakan Seminar Nasional Matematika, Sains dan Teknologi, bersamaan dengan IORA International Conference on Operations Research (IORA ICOR 2017) [ ... ]

Pemodelan Stokastik Untuk Memacu Kemajuan Ilmu Pen...
05 May 2017 01:52

 “All models are wrong, but some are usefull”. Pernyataan dari Goerge E.P Box ini dikutip oleh Prof. Dr. Ir. Wayan Mangku, M.Sc saat mengawali seminar pakar FMIPA UT. Dengan mengambil tema  [ ... ]